fbpx
Beranda » Artikel Blog » 42 Kesalahan Mendidik Anak : Bagian 3 

42 Kesalahan Mendidik Anak : Bagian 3 

Diposting pada 23 December 2020 oleh admin | Dilihat: 70 kali | Kategori:

🔰||بسم الله الرحمن الرحيم ||🔰

Parenting Anak Islam
———————————————
🍃🌹🍃

BAB 1

42 Kesalahan Mendidik Anak : Bagian 3

5. Orang Tua Luluh Didepan Tangisan Anak

Orangtua seringkali memberikan apapun yang diminta anak apabila ia menangis dihadapannya, terutama bila anaknya masih kecil. Seringkali terjadi seorang anak kecil mengajukan suatu permintaan kepada ayah Atau ibunya.

Apabila kedua orang tua menolak permintaannya, ia akan menangis agar permintaannya dikabulkan. Pada saat demikian, orangtua akan luluh dan memenuhi permintaannya, entah Karena rasa sayang mereka kepada anak atau hanya untuk membuat anak diam dan terbebas dari rekannya, atau untuk tujuan-tujuan yang lain.

Ini adalah kesalahan yang tidak bisa Dianggap remeh. Tindakan seperti ini akan menjadikan anak bersikap manja dan lemah kemauannya.

Dr. Muhammad Ash-Shabbagh berkata, “Saya mendengar dari Malik bin Nabi, bahwa seseorang datang kepadanya untuk meminta nasihat berkaitan dengan pendidikan anak laki-lakinya atau cucu perempuannya yang masih bayi.”
Malik Bertnya,”Berapa umumnya?” Orang itu menjawab “Satu bulan ” Malik berkata, “Anda telah ketinggalan kereta.”
Malik berkomentar, “Pada awalnya saya mengira bahwa saya terlalu berlebihan dengan menjawab seperti itu. Tetapi, ketika saya perhatikan, saya menjumpai kebenaran pada apa yang saya katakan tersebut.

Pasalnya, ketika seorang anak menangis, sang ibu akan menyusuinya. Dengan demikian, akan tertanam pemahaman di dalam diri anak bahwa teriakan atau tangis adalah sarana untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Anak akan tumbuh besar dengan teman seperti itu.

Maka, bila kelak Yahudi memukulnya, ia akan menangis di hadapan Dewan Keamanan dengan asumsi bahwa tangisan bisa mengembalikan haknya.”

6. Membelikan Mobil Untuk Anak Yang Belum Dewasa

Sebagian ayah ada yang membeli mobil untuk anaknya saat masih kecil, entah karena si anak bersikeras memintanya, atau karena ingin terbebas dari banyaknya tuntutan rumah tangga, lalu mengalihkan beban itu kepada anaknya.

Atau, karena si anak bersikeras memintanya kepada Ibu, lalu Ibu mendesak Ayah untuk membelikannya.
Atau karena berbagai pertimbangan yang lain.

Apabila anak telah memegang mobil sendiri, pada umumnya, ia akan berbuat yang tidak benar. Anda akan melihatnya begadang sampai larut malam kok sering keluar rumah dan bergabung dengan teman-teman yang buruk akhlaknya.

Barangkali ia akan mengganggu banyak orang yang sering kebut-kebutan di jalan. Atau, bisa jadi ia memulai berani bolos dari sekolah, dan perbuatan-perbuatan yang sifatnya melawan orang tua sehingga sulit dikendalikan dan diarahkan.

Baca Juga : 42 Kesalahan Mendidik Anak: Bagian 2

———————————————————–
Sumber : Diringkas dari Buku “Koreksi Kesalahan Mendidik Anak”
Karangan: Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd
Penerbit : Nabawi Publishing

Channel Telegram Parenting Anak Islam.
🌻🌱🌻

📱Join Channel Telegram kami:
👇👇👇👇

https://t.me/ParentingAnakIslam

🌹🍃🌹

Bagikan

42 Kesalahan Mendidik Anak : Bagian 3  | Little Q

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office

Little Q Indonesia
Jalan K.H Ahmad Dahlan Raya No.15 B RT. 06 RW 05 Kelurahan kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok- Indonesia. Kode pos 16425
E-mail : admin@littleq.id

Live Chat
Distributor: +62 822-8611-0296
Reseller : +62 821-7157-0400
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Chat via Whatsapp
ALDI
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya ALDI
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja