fbpx
Beranda » Artikel Blog » 5 Tips Merawat Baju Anak Bayi Agar Tetap Awet

5 Tips Merawat Baju Anak Bayi Agar Tetap Awet

Diposting pada 4 August 2019 oleh admin | Dilihat: 69 kali | Kategori:

Menjaga baju anak agar tetap awet memang harus dengan trik dan tips tersendiri. Pasalnya memang baju anak seringkali harus melalui perawatan yang berbeda dengan baju orang dewasa. Hal ini utamanya berlaku bagi anak bayi. Tentu ada cara tersendiri untuk merawat baju bagi bayi. Merawat baju bayi ini tentu diawali dari pencucian yang baik.

Selain pencucian yang baik, sebenarnya masih ada banyak hal lain yang harus diperhatikan saat merawat baju anak bayi. Untuk itu ada tips-tips yang akan disajikan di sini guna membantu para orang tua yang ingin menjaga baju anaknya agar tetap awet. Beberapa tips berikut dapat menjadi referensi yang menarik bagi para orang tua:

1. Perhatikan Bahan

Hal yang pertama perlu dilakukan adalah memperhatikan bahan dari baju yang dimiliki anak. Setiap bahan pastinya memiliki perlakuan sendiri-sendiri. Tidak hanya perlakuan dalam mencuci namun juga perlakuan dalam menyetrika hingga menyimpan. Untuk itu baiknya perhatikan bahan baju anak. Biasanya aturan perawatan bahan tersebut terdapat pada label baju.

Selain perawatan biasanya pada label baju juga tertulis bahan yang digunakan untuk pakaian. Dari sana dapat ditemukan perawatan yang sesuai dengan bahan. Merawat pakaian sesuai bahan menjadi salah satu faktor utama untuk menjaga baju agar tetap awet. Tak hanya awet, merawat baju sesuai bahan juga akan membuat baju tetap nyaman untuk dikenakan anak.

2. Pilih Deterjen yang Tepat Untuk Mencuci

Salah satu masalah utama yang harus diperhatikan dalam merawat pakaian anak adalah saat mencuci baju. Tahap mencuci menjadi tahap awal dalam perawatan yang harus diperhatikan. Mencuci baju asal-asalan juga berpotensi membuat pakaian anak cepat rusak atau justru tak nyaman dikenakan. Salah satu tips dalam mencuci pakaian anak adalah memilih deterjen yang tepat untuk mencuci.

Hal ini utamanya berlaku untuk pakaian bayi. Kulit bayi tentu lebih sensitif dibanding dengan kulit manusia dewasa. Untuk itu penting sekali menyiapkan deterjen yang tidak berbahaya bagi kulit bayi. Pemilihan deterjen yang salah akan menimbulkan luka di kulit bayi. Untuk itu baiknya pilih deterjen yang khusus untuk bayi. Baiknya hindari deterjen yang mengandung pemutih dan pelembut.

3. Jaga Suhu Saat Mencuci

Suhu saat mencuci ternyata berpengaruh bagi kondisi baju anak bayi. Untuk itu penting untuk memperhatikan suhu saat mencuci pakaian. Biasanya baju bayi baiknya dicuci dengan air hangat. Suhu yang direkomendasikan untuk mencuci baju bayi adalah antara 30 hingga 40 derajat Celcius.

Namun, dalam kondisi yang tidak memungkinkan mencuci baju dengan suhu normal juga dapat dilakukan. Hanya saja pastikan jika air yang digunakan adalah air bersih ya. Sebaiknya juga pilih air mengalir untuk mencuci pakaian bayi. Tentu guna menghindarkan bayi dari penyakit.

4. Pisahkan Penyimpanan Sesuai Kategori

Tips perawatan selanjutnya adalah masalah penyimpanan. Masalah penyimpanan ini juga menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan dari rangkaian perawatan pakaian anak. Baiknya orang tua memperhatikan dengan baik masalah penyimpanan ini. Pertama adalah lakukan penyimpanan sesuai dengan kategori.

Maksud penyimpanan sesuai kategori adalah penyimpanan yang sesuai jenis pakaian. Misalkan saja pakaian tidur, pakaian jalan-jalan dan juga pakaian untuk di rumah. Selain itu pisahkan baju dengan baju, celana dengan celana dan popok dengan popok. Ini tidak hanya untuk mempermudah pengambilan pakaian namun juga untuk menjaga agar pakaian tidak tercecer.

5. Simpan di Tempat yang Bersih dan Tidak Lembab

Jangan lupakan tips perawatan berikutnya, yaitu menyimpan pakaian di tempat yang bersih serta tidak lembab. Ini dapat menjadi salah satu cara menjaga pakaian agar tetap awet. Menyimpan pakaian di tempat yang bersih dan tidak lembab akan membantu pakaian terhindar dari jamur. Selain itu ini juga akan menjaga agar anak tidak terkena penyakit kulit saat menggenakannya.

Masalah tempat penyimpanan ini baiknya tidak diremehkan orang tua. Ini karena penyimpanan yang bersih juga dapat membantu menjaga kondisi anak agar tetap sehat. Utamanya bagi anak bayi yang masih sensitif dan rentan.

Tips-tips di atas dapat menjadi acuan para orang tua yang ingin menjaga baju anak bayinya tetap awet dan juga terawat kondisinya. Selain merawat baju dengan baik, penting bagi orang tua untuk memilih baju dengan kualitas terbaik. Untuk itu sebaiknya beli baju di tempat yang telah terbukti kualitasnya, seperti di Littleq.id

Baca juga Peralatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Dipersiapkan

Bagikan

5 Tips Merawat Baju Anak Bayi Agar Tetap Awet | Little Q

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office

Little Q Indonesia
Jalan K.H Ahmad Dahlan Raya No.15 B RT. 06 RW 05 Kelurahan kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok- Indonesia. Kode pos 16425
E-mail : admin@littleq.id

Live Chat
Distributor: +62 822-8611-0296
Reseller : +62 821-7157-0400
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Chat via Whatsapp
ALDI
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya ALDI
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja