fbpx
Beranda » Artikel Blog » Atasi Mual diwaktu Hamil Dengan Buah Semangka. Kok bisa ?

Atasi Mual diwaktu Hamil Dengan Buah Semangka. Kok bisa ?

Diposting pada 4 August 2019 oleh admin | Dilihat: 76 kali | Kategori:

Mungkin belum banyak yang tahu kalau buah semangka bisa meredakan mual-mual di waktu hamil. Bunda gak mau dong selama hamil mual-mual muntah terus, mengganggu aktivitas apalagi bunda kerja kantoran.

Jika mual mual ini di biarkan bisa beresiko terkena dehidrasi alias kita kekurangan cairan.

Buah semangka ini sangat kaya akan air dan bermanfaat bagi ibu hamil karena bisa meringankan rasa nyeri di perut dan pembengkakan. Kandungan airnya dan gula buahnya yang tinggi dapat membantu meringankan mual dan dehidrasi di pagi hari selama kehamilan.

Berikut berbagai macam manfaat buah semangka yang perlu bunda ketahui

  1. Meredakan asam lambung

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang pertama adalah meredakan asam lambung. Selama kehamilan, wanita biasanya menderita masalah pencernaan, seperti naiknya asam lambung.

Buah semangka juga memiliki efek menenangkan pada perut ibu hamil. Vitamin A yang terkandung manfaat semangka untuk ibu hamil, menjadikan buah ini bermanfaat dalam menjaga organ penglihatan pada janin.

  1. Melawan sembelit

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil adalah melawan sembelit. Sembelit adalah masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil. Bunda dapat menyantap semangka untuk meningkatkan gerakan usus dan membersihkan sistem di dalamnya.

  1. Kekebalan tubuh

Kandungan likopen yang merupakan antioksidan pada semangka juga sangat tinggi. Antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular, serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Jadi sangat pas untuk menjaga kondisi tubuh ibu hamil.

  1. Mencegah kram otot

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah terjadi nya keram otot punggung. Ketika masa kehamilan mulai memasuki usia 6 bulan, perut ibu biasa nya sudah mulai terasa berat. Dampak nya, otot punggung pun akan lebih mudah mengalami keram karena dipaksa bekerja menahan beban yang cukup berat.

Untuk mengatasi nya, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah – buahan yang dapat memperlancar sistem peredaran darah dan cairan dalam tubuh, termasuk salah satu nya adalah buah semangka.

  1. Mengoptimalkan pertumbuhan rangka janin

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang berikutnya adalah mengoptimalkan proses pertumbuhan tulang janin. Proses pertumbuhan tulang janin sangat bergantung pada ketersediaan nutrisi mineral yang ada dalam tubuh bunda. Agar kebutuhan nutrisi mineral berupa kalsium, kalium, dll bisa terpenuhi dengan baik, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah – buahan yang kaya akan zat mineral, termasuk salah satu nya adalah semangka.

Dengan kandungan kalium dan magnesium yang tinggi, buah semangka diharapkan dapat membantu mengoptimalkan proses pertumbuhan rangka janin dalam kandungan.

  1. Memelihara kesehatan jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital fungsinya. Nah dengan mengkonsumsi buah semangka yang kaya akan likopen maka akan membuat jantung bunda menjadi lebih sehat. Baik jantung sang ibu maupun si janin. Oleh karena itu memakan semangka bisa memelihara kesehatan jantung.

  1. Menghaluskan dan mencerahkan kulit ibu hamil

Buah semangka ini juga baik untuk menjaga kesehatan kulit ibu hamil, terutama ketika kehamilan berusia bulan ke-2 hingga ke-4. Pada bulan-bulan awal ini, kebanyakan ibu hamil yang saya ketahui rona wajahnya seperti orang kelelahan dan pucat. Di sinilah, konsumsi semangka dapat memberi manfaat berupa membuat kulit wajah ibu hamil menjadi halus dan kembali cerah seperti saat-saat belum hamil.

Insya Allah dengan tips di atas aktivitas bunda di waktu hamil semakin lancar selian itu meski pun buah semangka banyak manfaat bunda cukup konsumsi secukupnya dan tidak berlebihan.

Bagikan

Atasi Mual diwaktu Hamil Dengan Buah Semangka. Kok bisa ? | Little Q

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office

Little Q Indonesia
Jalan K.H Ahmad Dahlan Raya No.15 B RT. 06 RW 05 Kelurahan kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok- Indonesia. Kode pos 16425
E-mail : admin@littleq.id

Live Chat
Distributor: +62 822-8611-0296
Reseller : +62 821-7157-0400
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Chat via Whatsapp
ALDI
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya ALDI
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja