fbpx
Beranda » Artikel Blog » Hentikan Pemukulan Bila Anak Meminta Tolong Kepada Allah

Hentikan Pemukulan Bila Anak Meminta Tolong Kepada Allah

Diposting pada 23 October 2020 oleh admin | Dilihat: 86 kali | Kategori:

πŸ”°||Ψ¨Ψ³Ω… Ψ§Ω„Ω„Ω‡ Ψ§Ω„Ψ±Ψ­Ω…Ω† Ψ§Ω„Ψ±Ψ­ΩŠΩ… ||πŸ”°

Parenting Anak Islam
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
πŸƒπŸŒΉπŸƒ

BAB 3

{ Pendidikan Anak Usia 10-14 Tahun }

Hentikan Pemukulan Bila Anak Meminta Tolong Kepada Allah

Dengan nama Allah yang bila disebut nama-Nya tiada sesuatupun, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit, , dapat membahayakan, dan Dia maha mendengar lagi maha mengetahui. Allah maha agung pujian-Nya dan mahasuci asma-Nya. Dianjurkan bagi semua hamba apabila disebutkan nama Allah di hadapannya untuk bersikap khusyu’ tunduk, malu, dan sadar diri.

Bila anak dipukul lalu meminta tolong kepada Allah, pengasuh dan pendidik nya sebaiknya merespon dan menghentikan pukulan sebagai wujud penyucian nama Allah dan pengagungan urusan-Nya, dan belas kasihan bagi anak. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah bersabda:
“Orang yang Meminta perlindungan kepada kalian atas nama Allah maka lindungilah dan siapa yang meminta kepada kalian dengan nama Allah maka berilah. ”

Al-Mubarakfuri mengatakan, “Ath-Thayyibi berkata, ‘Itu bila pukulan untuk pengajaran. Adapun bila itu untuk hukuman Had (Hukuman), maka tidak boleh dihentikan. Demikian pula jika ia Meminta perlindungan (kepada Allah) hanya untuk menipu.

Memang benar bisa jadi ada sebagian anak yang berkilah dengan cara ini, tetapi siapakah yang disalahkan bila anak-anak didik ada yang berani berbuat demikian dan memaksa mereka untuk menggunakan kilah dan tipu muslihat seperti ini? Untuk itu, pihak pendidik harus melakukan introspeksi, mengevaluasi segala kekeliruan, dan mulai lagi berangkat dari kaidah yang diakui oleh syariat dalam masalah pendidikan secara ilmiah lagi benar dan tidak terjadi ketimpangan dan kontradiksi dalam penerapannya.

Saya ulangi lagi bahwa sesungguhnya tidak layak memperbanyak hukuman, karena pengaruhnya sangat buruk bagi anak didik. Kekerasan secara terus-menerus yang dilakukan terhadap anak didik dapat membahayakan tubuh, akhlak, dan emosi mereka. Untuk itu, harus ada pencegahan sebelum semuanya rusak, seperti yang dikatakan oleh pepatah, “Mencegah lebih baik daripada mengobati “.

Seorang pendidik yang bijaksana adalah orang yang menjauhkan anak didiknya dari lingkungan yang dapat menjerumuskannya ke dalam berbagai kekeliruan.

 

Baca Juga: Bahaya Pemukulan

———————————————————–
Sumber : Diringkas dari Buku β€œIslamic Parenting” Pendidikan Anak Metode Nabi
Karangan: Syekh Jamal Abdurrahman
Penerbit : AQWAM Jembatan Ilmu

Channel Telegram Parenting Anak Islam.
🌻🌱🌻

πŸ“±Join Channel Telegram kami:
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

https://t.me/ParentingAnakIslam

πŸŒΉπŸƒπŸŒΉ

Bagikan

Hentikan Pemukulan Bila Anak Meminta Tolong Kepada Allah | Little Q

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office

Little Q Indonesia
Jalan K.H Ahmad Dahlan Raya No.15 B RT. 06 RW 05 Kelurahan kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok- Indonesia.Β Kode pos 16425
E-mail : admin@littleq.id

Live Chat
Distributor: +62 822-8611-0296
Reseller : +62 821-7157-0400
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Chat via Whatsapp
ALDI
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya ALDI
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja