fbpx
Beranda » Artikel Blog » Memahami Peristiwa Hari Akhir

Memahami Peristiwa Hari Akhir

Diposting pada 23 January 2021 oleh admin | Dilihat: 43 kali | Kategori:

πŸ”°||Ψ¨Ψ³Ω… Ψ§Ω„Ω„Ω‡ Ψ§Ω„Ψ±Ψ­Ω…Ω† Ψ§Ω„Ψ±Ψ­ΩŠΩ… ||πŸ”°

Parenting Anak Islam
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
πŸƒπŸŒΉπŸƒ

Memahami Peristiwa Hari Akhir

a). Hari akhir adalah semua yang terjadi sesudah kematian (alam kubur, ba’ts, hasyr, mahsyar, shuhuf, hisab, mizan, haudh, shirat, syafaat, surga dan neraka).

b). Manusia di alam kubur ditanya oleh malaikat tentang tiga hal: siapa sesembahannya selama di dunia, apa agamanya, siapa Nabinya. Barang siapa ditetapkan imannya dan benar jawabannya maka diluaskan tempatnya dan diberi sebagian nikmat akhirat. Barangsiapa sesat dalam hidupnya maka dia tidak akan bisa menjawab dengan benar, sehingga disiksa dan dijepit di dalam kuburnya sampai datang kiamat bagi orang kafir dan munafik, atau sampai waktu tertentu sesuai dosa-dosanya bagi orang Islam.

c). Malaikat Israfil meniup sangkakala pertama yang mengejutkan dan membuat semua makhluk pingsan, baik di langit maupun di bumi, kecuali yang dikehendaki Allah. Kemudian ruh-ruh ketika itu akan dikembalikan kepada jasadnya masing-masing.

d). Ba’ts adalah kebangkitan manusia dari kubur setelah malaikat Israfil meniup sangkakala yang kedua.

e). Matahari didekatkan 1 mil dan manusia tenggelam dalam keringatnya sesuai kadar iman dan amalnya.

f). Kemudian semua manusia dikumpulkan (hasyr) di padang mahsyar menunggu keputusan Allah, semua amal diperlihatkan tanpa ada yang bisa disembunyikan, dilakukan Qishash (balasan) antar manusia, diliputi ketakutan dan kengerian di tempat berdiri mereka dalam keadaan telanjang tidak sempat memperhatikan yang lain karena sangat sibuknya memikirkan nasib dirinya. Mereka mencari orang yang bisa memberi syafaat (pertolongan).

g). Kemudian dilakukan penimbangan amal manusia (Mizan).

h). Dibagikan catatan amal dan Allah melaksanakan penghitungan amal (hisab) dengan memudahkan bagi mu’min serta mempersulit bagi orang kafir dan munafik.

i). Allah menyediakan bagi mu’min haudh (telaga yang lebih manis dari madu, lebih putih dari susu, lebih wangi dari kasturi, gelasnya dari bintang-bintang dan tidak akan haus selamanya jika telah meminum airnya).

j). Setiap orang akan melewati shirath (jembatan) yang membentang sebagai jalan menyeberangi neraka menuju surga. Yang bertakwa akan selamat sampai surga, yang lainnya jatuh ke jurang neraka.

k). Surga tempat kembali yang kekal bagi mu’min, luasnya seluas langit Dan bumi, bertingkat, segala yang diinginkan terpenuhi, kenikmatan hidup di surga tak terbayangkan sebelumnya, semua dalam keadaan menyenangkan. Kenikmatan yang paling puncak adalah ketika melihat wajah Allah.

l). Neraka adalah tempat kembali yang kekal bagi orang kafir dan munafik. Muslim yang berbuat dosa (selain syirik) maka jika Allah kehendaki, iya diampuni atau jika Allah menghendaki ia akan disiksa terlebih dahulu di neraka sebelum dimasukkan ke dalam surga.

 

Baca Juga: littleq.id/blog/mengenal-nabi-dan-rasul

———————————————————–
Sumber : Diringkas dari Buku β€œMendidik Anak Dengan Game Islami”
Karangan: Abu Raihan & Ummu Raihan
Penerbit : GAZZAMEDIA

Channel Telegram Parenting Anak Islam.
🌻🌱🌻

πŸ“±Join Channel Telegram kami:
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

https://t.me/ParentingAnakIslam

πŸŒΉπŸƒπŸŒΉ

Bagikan

Memahami Peristiwa Hari Akhir | Little Q

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office

Little Q Indonesia
Jalan K.H Ahmad Dahlan Raya No.15 B RT. 06 RW 05 Kelurahan kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok- Indonesia.Β Kode pos 16425
E-mail : admin@littleq.id

Live Chat
Distributor: +62 822-8611-0296
Reseller : +62 821-7157-0400
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Chat via Whatsapp
ALDI
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya ALDI
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja