fbpx
Beranda » Artikel Blog » Mengajarkan Anak Etika Meminta Izin

Mengajarkan Anak Etika Meminta Izin

Diposting pada 10 November 2020 oleh admin | Dilihat: 54 kali | Kategori:

πŸ”°||Ψ¨Ψ³Ω… Ψ§Ω„Ω„Ω‡ Ψ§Ω„Ψ±Ψ­Ω…Ω† Ψ§Ω„Ψ±Ψ­ΩŠΩ… ||πŸ”°

Parenting Anak Islam

β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
πŸƒπŸŒΉπŸƒ

BAB 3

{ Pendidikan Anak Usia 10-14 Tahun }

Mengajarkan Anak Etika Meminta Izin

Anak kecil yang belum mencapai usia baligh dianjurkan untuk meminta izin bila memasuki kamar tidur kedua orang tuanya atau selain mereka pada 3 waktu karena aurat pada ketiga waktu tersebut biasanya sering terbuka. Ketika waktu tersebut ialah saat menjelang Subuh, saat waktu Dzuhur, dan sesudah shalat Isya’. Islam telah membatasi ketika waktu tersebut bagian mana yang belum baligh, Karena Anak dalam usia ini banyak bergerak dan sering keluar masuk, berhenti, diam, dan bermain, sehingga sulit dan berat baginya untuk meminta izin pada waktu-waktu tersebut.

Apabila usianya sudah mendekati masa baligh,ihtilam, dan masuk tamyiz, dan sendirinya ia jarang bermain dan tidak keluar masuk. Ia mulai mengerti, dapat menahan diri, dan tidak berat untuk meminta izin masuk menemui kedua orang tuanya yang ada di dalam kamar pada waktu kapan pun, manakala ia menjumpai pintu kamar dalam keadaan tertutup.

Islam yang Hanif menjaga semua aspek tersebut sebagai bentuk penjagaan Allah yang Maha Mengetahui, Maha Bijaksana, dan Maha Melihat terhadap kondisi makhluk-Nya. Untuk itu, Allah telah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak ( lelaki dan wanita) yang kamu miliki, Dan orang-orang yang belum baligh di antara kamu,meminta izin kepada kamu 3 kali (dalam satu hari), yaitu sebelum shalat Subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian luar mu di tengah hari, dan sesudah shalat Isya’. (Itulah) 3 ‘aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (3 waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebagian kamu (ada keperluan) kepada sebagian (yang lain). demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. Dan apabila anak-anakmu telah sampai umur baligh, maka hendaklah mereka meminta izin, seperti orang-orang yang sebelum mereka meminta izin. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”
(An-Nur:58-59).

Dahulu Anas, pelayan Nabi, sering masuk ke tempat Nabi tanpa izin.pada suatu hari Anas datang dan hendak masuk begitu saja, maka Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda kepadanya, “Tetaplah di tempatmu wahai anakku, karena sesungguhnya telah terjadi suatu perintah berkenaan denganmu, maka jangan lagi kamu masuk kecuali dengan meminta izin terlebih dahulu.”

Dalam hadis tersebut Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjelaskan bahwa orang yang meminta izin masuk tidak boleh berdiri di depan pintu secara langsung. Disini terlihat jelas pentingnya meminta izin, sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Sahl bin Sa’d yang berkata, “Seorang lelaki mengintip dari suatu lubang ke kamar Nabi yang saat itu beliau sedang memegang sisir untuk menggaruk kepalanya. Ketika Nabi melihat kelakuan lelaki itu, beliau bersabda, “Seandainya sejak semula aku mengetahui kamu sedang mengintip, tentulah akan kutusuk matamu dengan ini. Meminta izin itu ditetapkan tiada lain hanyalah untuk kebolehan melihat. ”

Baca Juga: Mengajari Etika Masuk Rumah

———————————————————–
Sumber : Diringkas dari Buku β€œIslamic Parenting” Pendidikan Anak Metode Nabi
Karangan: Syekh Jamal Abdurrahman
Penerbit : AQWAM Jembatan Ilmu

Channel Telegram Parenting Anak Islam.
🌻🌱🌻

πŸ“±Join Channel Telegram kami:
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

https://t.me/ParentingAnakIslam

πŸŒΉπŸƒπŸŒΉ

Bagikan

Mengajarkan Anak Etika Meminta Izin | Little Q

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office

Little Q Indonesia
Jalan K.H Ahmad Dahlan Raya No.15 B RT. 06 RW 05 Kelurahan kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok- Indonesia.Β Kode pos 16425
E-mail : admin@littleq.id

Live Chat
Distributor: +62 822-8611-0296
Reseller : +62 821-7157-0400
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Chat via Whatsapp
ALDI
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya ALDI
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja