Beranda » Artikel Blog » Mengajarkan Akhlak Mulia

Mengajarkan Akhlak Mulia

Diposting pada 26 September 2020 oleh admin | Dilihat: 123 kali | Kategori:

πŸ”°||Ψ¨Ψ³Ω… Ψ§Ω„Ω„Ω‡ Ψ§Ω„Ψ±Ψ­Ω…Ω† Ψ§Ω„Ψ±Ψ­ΩŠΩ… ||πŸ”°

Parenting Anak Islam
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
πŸƒπŸŒΉπŸƒ

BAB 2

{ Pendidikan Anak Usia 4-10 Tahun }

Mengajarkan Akhlak Mulia

Anas menuturkan bahwa Nabi bersabda, “Wahai anakku, jika engkau mampu membersihkan hatimu dari kecurangan terhadap seseorang, baik pagi hari maupun petang hari, maka lakukanlah.” Beliau melanjutkan, “Wahai anakku, yang demikian itu termasuk tuntunanku. Barangsiapa yang menghidupkan tuntunanku, berarti ia mencintaiku, dan barangsiapa mencintaiku niscaya akan bersamaku di dalam surga.”

Rasulullah mendidik anak-anak untuk mengamalkan firman Allah :

“Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh. Dan baginya lah segala puji dilangit dan dibumi dan di waktu kamu berada pada petang hari dan di waktu kamu berada di waktu dzuhur.” (Ar-Rum : 17-18)

Nabi sallallahu ‘alaihi Wasallam mendidik mereka, baik pada pagi hari maupun petang hari agar berhati suci, berjiwa bersih, dan berlapang dada, sebagai persiapan untuk menghadapi suatu hari yang tidak berguna lagi harta benda atau anak-anak, kecuali orang yang datang dengan membawa hati yang bersih.

Al-Ghazali mengatakan, “Anak harus dibiasakan agar tidak meludah atau mengeluarkan ingus di majelisnya, menguap di hadapan orang lain, membelakangi orang lain, bertumpang kaki, bertopang dagu, dan menyandarkan kepala ke lengan, karena beberapa sikap ini menunjukkan pelakunya sebagai orang pemalas. anak harus diajari cara duduk yang baik dan tidak boleh banyak bicara titik perlu dijelaskan pula bahwa banyak bicara termasuk perbuatan tercela dan tidak pantas dilakukan. Laranglah anak membuat isyarat dengan kepala, baik membenarkan maupun mendustakan agar tidak terbiasa melakukannya sejak kecil.

Sebaiknya jangan izinkan anak memulai pembicaraan. Biasakanlah untuk tidak berbicara, selain untuk menjawab sesuai dengan kadar pertanyaan. Hendaklah anak dibiasakan mendengar dengan baik jika orang lain yang lebih besar berbicara. Biasakan juga untuk menghormati orang yang lebih tua, meluaskan tempat duduk baginya, duduk dihadapannya dengan sopan, tidak mengeluarkan kata-kata yang tidak berguna, tidak mengucapkan kutukan dan makian, serta tidak bergaul dengan orang yang terbiasa mengeluarkan kata-kata tersebut. Itu semua karena tidak mustahil anak terpengaruh teman-teman yang buruk, padahal pokok pendidikan bagi anak-anak adalah menghindarkannya dari teman-teman yang buruk.”

Baca Juga : Jangan Mencelanya!

———————————————————–
Sumber : Diringkas dari Buku β€œIslamic Parenting” Pendidikan Anak Metode Nabi
Karangan: Syekh Jamal Abdurrahman
Penerbit : AQWAM Jembatan Ilmu

Channel Telegram Parenting Anak Islam.
🌻🌱🌻

πŸ“±Join Channel Telegram kami:
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

https://t.me/ParentingAnakIslam

πŸŒΉπŸƒπŸŒΉ

Bagikan

Mengajarkan Akhlak Mulia | Little Q

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office

Little Q Indonesia
Jalan K.H Ahmad Dahlan Raya No.15 B RT. 06 RW 05 Kelurahan kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok- Indonesia.Β Kode pos 16425
E-mail : admin@littleq.id

Live Chat
Distributor: +62 822-8611-0296
Reseller : +62 821-7157-0400
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Pengaduan Layanan :

Telpon : 0822-8636-8034

Chat via Whatsapp
ALDI
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya ALDI
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja