Beranda » Artikel Blog » Mengajarkan Kalimat Tauhid

Mengajarkan Kalimat Tauhid

Diposting pada 6 September 2020 oleh admin | Dilihat: 166 kali | Kategori:

πŸ”°||Ψ¨Ψ³Ω… Ψ§Ω„Ω„Ω‡ Ψ§Ω„Ψ±Ψ­Ω…Ω† Ψ§Ω„Ψ±Ψ­ΩŠΩ… ||πŸ”°

Parenting Anak Islam
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
πŸƒπŸŒΉπŸƒ

BAB 1

{ Pendidikan Anak Usia 0-3 Tahun }

Bagian 23

Mengajarkan Kalimat Tauhid

Jundub bin Junadah berkata, “Dahulu kami telah bersama Nabi sejak kami masih remaja mendekati usia balig. Kami mempelajari iman sebelum mempelajari Al-Qur’an dan kemudian kami mempelajari Al-Qur’an sehingga iman kami bertambah dengan mempelajari Al-Qur’an tersebut.”

Nabi mengajarkan iman kepada para sahabat sebelum mengajarkan Al-Qur’an. Iman itu seperti disebutkan dalam hadis terdiri dari 73 atau 63 cabang. Yang paling utama adalah ucapan lailaha illallah dan yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan. Malu itu cabang dari iman.

Anak kecil yang belum belajar berbicara itu ketika mendengar kalimat-kalimat adzan, ia akan menirunya. Bahkan, ia akan selalu memperhatikannya saat orang-orang dalam kelalaian. Maka ia tanpa sadar telah berusaha mengucapkan kalimat tauhid dan kesaksian tentang kerasulan Nabi yang membawa tauhid tersebut. Karena itu, seorang guru hendaknya membiasakan anak yang masih belum bisa bicara tersebut agar mengucapkan kalimat tauhid lailaha illallah.

Andai seorang pendidik mengetahui keagungan kalimat tauhid, pasti akan selalu mengucapkannya dan anda pasti memerintah anak-anak agar mengulang-ulanginya. Imam Ahmad bin Abdullah bin Amr telah meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu alaihi Wasallam bersabda, “sesungguhnya Nabi Nuh alaihissalam berkata kepada anaknya ketika akan meninggal, ‘aku memerintahmu untuk mengucapkan lilaha illallah. Karena tujuh langit dan tujuh bumi itu seandainya berada di satu timbangan, sedangkan lailaha ilallah berada di sebelahnya, niscaya lailaha illallah lebih berat.”

Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu alaihi Wasallam bersabda, “Ajarkanlah kepada anak-anak kalian pada permulaan bicaranya ucapan lailaha illallah dan ajarilah iya agar di akhir hayatnya mengucapkan lailaha illallah.”

Hendaknya yang menjadi kosakata awal ketika anak mulai berbicara adalah mengucapkan cabang iman yang paling utama dan tertinggi yaitu kalimat lailaha illallah.

Baca Juga : Mengajak Salat Berjamaah

———————————————————–
Sumber : Diringkas dari Buku β€œIslamic Parenting” pendidikan Anak Metode Nabi
Karangan: Syekh Jamal Abdurrahman
Penerbit : AQWAM Jembatan Ilmu

Channel Telegram Parenting Anak Islam.
🌻🌱🌻

πŸ“±Join Channel Telegram kami:
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

https://t.me/ParentingAnakIslam

πŸŒΉπŸƒπŸŒΉ

Bagikan

Mengajarkan Kalimat Tauhid | Little Q

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office

Little Q Indonesia
Jalan K.H Ahmad Dahlan Raya No.15 B RT. 06 RW 05 Kelurahan kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok- Indonesia.Β Kode pos 16425
E-mail : admin@littleq.id

Live Chat
Distributor: +62 822-8611-0296
Reseller : +62 821-7157-0400
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Chat via Whatsapp
ALDI
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya ALDI
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja