fbpx
Beranda » Artikel Blog » Tidak Membubarkan Anak yang Sedang Bermain

Tidak Membubarkan Anak yang Sedang Bermain

Diposting pada 21 September 2020 oleh admin | Dilihat: 34 kali | Kategori:

πŸ”°||Ψ¨Ψ³Ω… Ψ§Ω„Ω„Ω‡ Ψ§Ω„Ψ±Ψ­Ω…Ω† Ψ§Ω„Ψ±Ψ­ΩŠΩ… ||πŸ”°

Parenting Anak Islam
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
πŸƒπŸŒΉπŸƒ

BAB 2

{ Pendidikan Anak Usia 4-10 Tahun }

Tidak Membubarkan Anak yang Sedang Bermain

Adakalanya seseorang diantara kita melewati sekumpulan anak-anak yang sedang asyik bermain, lalu mengatakan, “Apakah kalian tidak punya kesibukan lain?” atau “Apakah kalian tidak punya tempat bermain di rumah kalian?” dan sebagainya. Hal ini biasanya dikatakan ketika orang itu tidak suka dengan permainan yang sedang mereka lakukan. Akan tetapi, Rasulullah, tidak pernah bersikap demikian sama sekali. Lantas bagaimana sikap beliau?

Anas berkata, “Pada suatu hari aku melayani Rasulullah. Setelah tugasku selesai, aku berkata dalam hati, ‘Rasulullah pasti sedang istirahat siang.’ Akhirnya, aku keluar ke tempat anak-anak bermain. Aku menyaksikan mereka sedang bermain. Tidak lama kemudian, Rasulullah datang seraya mengucapkan salam kepada anak-anak yang sedang bermain. Beliau lalu memanggil dan menyuruhku untuk suatu keperluan. Aku pun segera pergi untuk menunaikannya, sedangkan beliau duduk di bawah sebuah naungan pohon hingga aku kembali ….”

Dalam riwayat lain, Anas berkata, “Saat aku sedang bermain dengan anak-anak, Rasulullah datang kepadaku. Beliau mengucapkan salam kepada kami. Setelah itu beliau memanggilku dan mengutusku untuk suatu keperluan. Ketika aku kembali, beliau bersabda, ‘Jangan engkau beritahu siapapun.’ Aku pun menahan berita itu dari ibuku. Ketika aku pulang, ibuku bertanya, ‘Anakku, apa keperluanmu?’ Aku menjawab, ‘Rasulullah mengutus ku untuk suatu keperluan…’.”

Seorang ibu hendak nya memperhatikan kondisi anaknya. Bila ia terlambat pulang dari waktu biasanya, ia mestinya menanyakan kemana perginya, apa yang diperbuat, dan siapa yang menemaninya.

Nabi Shallallahu alaihi Wasallam memperhatikan kondisi anak dan menyambut baik kebutuhan psikologisnya tanpa mengekangnya. Apabila anak terlalu dikekang terakadang ia akan berontak. Untuk itu, beliau terlebih dahulu mengucapkan salam kepada anak-anak yang sedang bermain. Ini adalah sebuah wujud penghargaan beliau kepada anak dan pembiasaan agar mereka membudayakan salam. Di samping itu, perbuatan beliau merupakan wujud Pendidikan tentang keutamaan dan akhlak mulia.

Baca Juga : Bahaya Melarang Anak-Anak Dari Mainan

———————————————————–
Sumber : Diringkas dari Buku β€œIslamic Parenting” Pendidikan Anak Metode Nabi
Karangan: Syekh Jamal Abdurrahman
Penerbit : AQWAM Jembatan Ilmu

Channel Telegram Parenting Anak Islam.
🌻🌱🌻

πŸ“±Join Channel Telegram kami:
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

https://t.me/ParentingAnakIslam

πŸŒΉπŸƒπŸŒΉ

Bagikan

Tidak Membubarkan Anak yang Sedang Bermain | Little Q

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office

Little Q Indonesia
Jalan K.H Ahmad Dahlan Raya No.15 B RT. 06 RW 05 Kelurahan kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok- Indonesia.Β Kode pos 16425
E-mail : admin@littleq.id

Live Chat
Distributor: +62 822-8611-0296
Reseller : +62 821-7157-0400
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Chat via Whatsapp
ALDI
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya ALDI
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja